" Salah satu penyebab HP/Laptop lambat adalah terlalu banyak aplikasi yang tanpa Anda sadari berjalan di belakang layar & mengonsumsi banyak RAM. "

Cek Konsumsi RAM di HP

  1. Download aplikasi CPU-Z di playstore. Klik di sini
  2. Buka aplikasi CPU-Z yang telah diinstal lalu buka tab Device
  3. Lihat bagian Available RAM (storage tersisa) apabila kurang dari 20% maka HP Anda dalam kondisi bahaya.
  4. Untuk mengurangi konsumsi RAM, Anda dapat menonaktifkan penggunaan aplikasi di Pengaturan (Setting) pada HP Anda atau Anda dapat menggunakan aplikasi CC Cleaner, download di sini.
  5. Apabila Anda bingung atau menemui masalah, segera hubungi urgent.id di sini.

Cek Konsumsi RAM di Laptop / Komputer

  1. Tekan Ctrl + Alt + Delete lalu buka Task Manager
  2. Pada bagian RAM (Memory) perhatikan berapa persen terpakai. Agar laptop / komputer Anda tidak lambat, pastikan RAM terpakai sesedikit mungkin, kurang dari 60%.
  3. Klik pada bagian memory untuk mengurutkan aplikasi/software mana saja yang mengonsumsi RAM paling banyak. Anda dapat menonaktifkan Aplikasi/software tersebut agar laptop/komputer Anda tidak lambat lagi.
  4. Anda bisa menambahkan RAM pada laptop / komputer Anda jika ternyata aplikasi/software yang Anda butuhkan untuk bekerja cukup banyak. Jika langkah-langkah di atas tetap tidak membuat laptop/komputer Anda cepat, Anda dapat melakukan pengecekan harddisk, klik di sini. Jika ternyata harddisk Anda masih normal, maka Anda perlu melakukan install ulang untuk menghapus banyak cache yang tidak terlihat. Apabila Anda bingung atau menemui masalah, segera hubungi urgent.id di sini.