Indra Gunawan > Cinta

Wanita Senang Diperhatikan, Pria Senang Dipuji, Benarkah ?


Dalam sebuah standup comedy, Pandji Pragiwaksono pernah menyampaikan pernyataan di atas. Sebagai pria, jujur dari hati terdalam saya sangat 3x setuju pernyataan ke dua yang menyatakan pria senang dipuji. Dalam sinetron/film pun sering diperlihatkan adegan wanita/istri memuji2 pria/suami dan dengan mudahnya si suami luluh dan mau memberikan uang/sesuatu pada wanita/istri, misal saat minta uang belanja, sebelumnya memuji-muji suaminya dahulu.

Tapi menurut saya ini bisa jadi sumber penyakit "sombong". Ketika sombong sudah melekat, kita memang semakin bahagia ketika dipuji tapi jadi benci ketika dikritik/dikoreksi bahkan oleh orang tua/teman sendiri. Bahasa kerennya jadi Anti Kritik. Kalau dalam peribahasanya : Seperti katak dalam tempurung. Sudah merasa dirinya hebat dan tidak perlu belajar apapun, tidak perlu mendengarkan koreksi/nasihat dari siapapun, berhenti belajar. Kalau ustad-ustad dalam ceramah menyatakan seperti gelas yang ditutup, mau disiram air sebanyak apapun tidak akan masuk, mau dikasih ilmu/nasihat sebanyak apapun tidak akan masuk. Tutup itu adalah rasa sombong karena terlalu sering dipuji.

"... Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri,"
(QS. An-Nisa' 4: Ayat 36)

Lalu bagaimana dengan pernyataan pertama Wanita Senang Diperhatikan ? Sebagai pria aku benar-benar tidak tahu, hanya bisa menebak. Kalau melihat film/sinetron biasanya pria/suami memberikan apa yang disukai si wanita/istri lalu dengan mudah hati si wanita/istri luluh. Misal saat istri ngambek, si suami ngajak si istri jalan-jalan belanja ke mall, atau memberikan kejutan makanan yang paling disukai istri, dsb. Tapi rasanya teori pernyataan pertama ini tidak berlaku untuk ibuku. Sikapnya biasa saja ketika aku memberikan hadiah. Tapi ada satu hal yang luar biasa, ibu justru terlihat sangat bahagia ketika aku menceritakan kesuksesanku. Begitu pula guru merasa bahagia ketika mendengar kabar murid-murid yang dahulu dibimbingnya menggapai kesuksesan. Sesuatu yang sangat jarang ditemui saat ini karena kebanyakan orang ketika melihat orang lain sukses justru iri/dengki yang muncul. Semoga ibuku dan ibu teman-teman semua sehat selalu dan kita bisa membuatnya tersenyum bahagia. Aamiin.

Mohon maaf dan mohon koreksi jika ada salah dalam tulisan di atas.
Wallahualam bisshowab.

Cilacap, 16 Sept 2019

Baca Inspirasi Cinta Lainnya dari Indra Gunawan

Baca Inspirasi Lainnya dari Indra Gunawan