Indra Gunawan > Bisnis

Cerita Jungkir Balik Setahun Setelah URGENT.ID Dilaunching


21 Juli 2018, tepat setahun yang lalu, URGENT.ID diluncurkan dengan segala kemendadakannya. Acaranya disatukan dengan Silaturahim Akbar Teknisi Jabar 2018. Di hari itu kami menyampaikan impian kami untuk bisa menaikkan kesejahteraan Teknisi dengan Aplikasi Teknisi URGENT.ID, teknisi bisa mendapatkan orderan tambahan via aplikasi. Acara tersebut juga diisi oleh Pak Timmy, Direktur Axioo Class Program, yang menyampaikan pentingnya prosedur pelayanan pada konsumen dalam presentasi yang luar biasa keren. Kita tahu bahwa dunia jasa servis HP dan Laptop ini masih belum seprofesional pelayanan di Bandara. Masih banyak yang perlu diperbaiki dari kecepatan, prosedur pelayanan, kualitas servis, ketersediaan sparepart, dsb yang membuat konsumen lebih percaya. Acara juga mendapat dukungan penuh dari Pak Denny dan Keluarga Besar Metrix Flasher, Venus Flash Tool (VFT) dan SegexRosela Master Android yang jauh-jauh datang dari Lampung, dan Master iPhone Asia Tenggara yaitu Ko Hawkin dari Alpha2000.

"Acara tersebut juga diisi oleh Pak Timmy, Direktur Axioo Class Program, yang menyampaikan pentingnya prosedur pelayanan pada konsumen dalam presentasi yang luar biasa keren."

Tak terasa setahun sudah berlalu. Dibanding startup dan aplikasi lain yang dalam setahun bisa mencapai ratusan ribu download, kami belum membuat kejutan apapun. Impian kami untuk bisa menaikkan kesejahteraan Teknisi dengan tambahan orderan di Aplikasi Teknisi URGENT.ID juga tak banyak tercapai. Setahun ke belakang kami banyak mengecewakan mitra karena hampir tak ada orderan. Dan setahun ke belakang pula saya membuat sebuah kesalahan besar, merekrut banyak tim marketing dan programmer di saat keuangan dan sistem belum siap. Di sini saya tersadar ternyata kepemimpinan saya buruk. Dan satu per satu akhirnya pergi meninggalkan urgent.id.

Tetapi di balik semua itu, Alhamdulillah masih ada jalan. Kami terus berkonsultasi dengan Axioo Class Program. Mereka, terutama Pak Timmy, banyak sekali memberikan masukan. Sampai akhirnya kami mengubah konsep dari yang awalnya seperti aplikasi Gojek, menjadi aplikasi Manajemen Usaha Servis. Jangan khawatir, visi kami tetap "Menolong 1 juta orang memperbaiki HP dan Laptop dalam hitungan detik" dalam hitungan detik ini minimal seperti ojek online dalam hitungan detik sudah dapat driver, kalau urgent.id berarti dalam hitungan detik bisa dapat teknisi. Untuk menuju visi tersebut kami putar arah. Jalannya mungkin terlihat semakin jauh, tapi saya Insya Alloh yakin lebih mudah dilalui, lebih landai, tidak semenanjak sebelumnya. Kami fokus mengembangkan aplikasi Manajemen Usaha Servis, mengapa ? Ini berkaitan dengan memastikan kualitas pelayanan mitra. Buat apa mitra teknisi banyak tapi kualitas pelayanannya tidak jelas. Tidak jelas kapan selesai servis, tidak jelas kualitas hasil servisnya, tidak jelas masa garansinya, tidak jelas harganya berapa tiba-tiba tembak di akhir mahal.

Perjalanan selanjutnya pun tidak mudah. Awalnya teknisi yang mendaftar banyak, sangat banyak, namun ternyata aplikasi manajemennya kebanyakan tidak banyak dipakai. Ya, menurut analisa kami kebanyakan teknisi masih fokus bagaimana cara menservis, belum tertarik untuk naik kelas jadi Bosnya para teknisi servis, apalagi sampai berfikir membuka cabang.

Harapan itu Masih Ada

Kami terus mencoba sampai akhirnya Alhamdulillah mulai ada 1 teknisi yang serius memakai aplikasi manajemen usaha servis ini bahkan bersedia membayar langganan hingga sekarang. Padahal waktu itu, aplikasi masih banyak error, masih banyak bug, dan tampilannya rumit. Beliau adalah AGP Cell dari Kab. Bandung. Pola pikirnya sudah jauh di depan, sudah ingin membenahi manajemen usaha servisnya. Kalau Alloh tidak hadirkan AGP Cell ini, mungkin saya sudah berfikir untuk menyerah, hahaha.

Perjalanan lanjut dengan perbaikan aplikasi terus menerus. Kami meninggalkan versi aplikasi android dan berfokus pada versi web supaya bisa dibuka dari HP maupun laptop. Kami juga tidak lagi pusing testing di banyak tipe android, force close, dan masalah lainnya yang dihadapi jika kami bertahan di aplikasi android.

"Selamat tinggal Aplikasi Android. Selamat datang website, gak perlu repot dowload dan force close lagi..."

Membuka Pelatihan Gratis Manajemen Usaha Servis

Bulan ini kami mulai membuka Pelatihan Gratis Manajemen Usaha Servis dengan BOS Servis. Pelatihannya online jadi bisa belajar dari manapun. Yang berminat memang banyak, puluhan, namun kebanyakan berhenti tanpa kabar di tengah jalan. Memang belajar dan berubah butuh niat dan kemauan yang kuat, tidak sekadar ikut-ikutan saja. Walaupun baru berjalan seminggu Alhamdulillah sudah ada 4 yang lulus, (punten sertifikatnya Insya Alloh nyusul ya) dan yang paling luar biasa (juara 1-nya) adalah Kang Ade dari ABIL Cell (Founder VFT juga yang tahun lalu ikut mengisi saat Launching Urgent.id). Alhamdulillah beliau mulai menemukan titik balik bagaimana memperbaiki manajemen pengelolaan usaha servisnya bahkan sudah terpikir membuka toko cabang Abil Cell yang ketiga di Lampung Selatan. Beliau bahkan sampai merekomendasikan banyak teknisi untuk ikut pelatihan gratis ini supaya manajemen usaha servisnya gak berantakan lagi, supaya uang hasil servisnya gak ilang-ilangan lagi. Hatur nuhun pisan kang Ade. Yang di Lampung Selatan kalau butuh servis HP langsung capcuss ke Abil Cell, udah ada 2 cabang, atau bisa juga pesan servis lewat situs urgent.id, nanti Insya Alloh dapat penawaran harga dahulu, kalau setuju baru diservis.


Mencoba Memecahkan Salah Satu Masalah Pelik Republik Ini : Pengangguran

Ada satu impian lagi yang sebetulnya belum tercapai, itu didapat saat kami pertama kali bertemu Axioo Class Program. Pak Timmy waktu itu menyampaikan bahwa penyumbang terbesar pengangguran terbesar di Indonesia adalah lulusan SMK dan jurusannya adalah jurusan TKJ. Beritanya sudah banyak di mana-mana. Alsannya sederhana, lulusan TKJ belum tentu paham elektronika dasar dan belum tentu paham bagaimana caranya menservis. Untuk itu perusahaan laptop asal Indonesia, Axioo, membuat program CSR yaitu Axioo Class Program untuk membuatkan kelas khusus bagaimana siswa TKJ bisa merakit dan menservis laptop dan HP. Lebih dari itu, siswa TKJ juga diberikan sertifikasi yang sesuai kebutuhan industri sehingga lulus bisa segera diterima kerja. Intinya Axioo berjuang mengurangi masalah sumber pengangguran terbesar di Indonesia ini tanpa harus jadi Menteri apalagi jadi Presiden. Sejak setahun yang lalu, kami bermimpi bisa menjadi bagian dari perjuangan Axioo Class Program ini, bahkan logo urgent.id sudah ada di situs AxiooClassProgram.org sebagai salah satu mitra. Walaupun tahun kemarin kami belum banyak berkontribusi di Axioo Class Program, mudah-mudahan tahun ini kami bisa memulai sesuatu yang luar biasa. Titip doa 🙏


*Foto waktu setahun yang lalu masih kurus, sekarang juga masih kurus, cuma nambah ganteng dikit, haha


Baca Inspirasi Bisnis Lainnya dari Indra Gunawan

Baca Inspirasi Lainnya dari Indra Gunawan