Indra Gunawan > Bisnis

5 Kunci Kemajuan Bisnis

Saya tulis judulnya bukan “kunci sukses”, tapi “kunci kemajuan” karena bisnis saya belum mencapai titik sukses, tapi Alhamdulillah ada banyak kemajuan yang patut disyukuri setelah menerapkan ini di bisnis URGENT.ID saya.

1. Disiplin Jam Buka

Hari ini buka jam 10, besok buka jam 11.30, akhirnya konsumen bingung harus datang jam berapa ? Semakin disiplin jam buka, semakin mudah konsumen mengingat kapan bisnis kita buka. Semakin panjang jam buka, Insya Alloh semakin memudahkan konsumen untuk datang, tiap pulang kerja lewat depan tokomu : “wih masih buka, mampir dulu aja…”

URGENT.ID sempat buka Senin-Minggu jam 6 pagi — 21 malam. Namun karena CS berkurang 1 orang, maka mohon maaf sekali jam buka berubah 🙏🙏🙏 :

  • Senin, Selasa, dan Jumat : jam 6 pagi-21 malam (sebelum kuliah/kerja bisa mampir ke toko, malamnya tinggal ambil)
  • Rabu dan Kamis: jam 8.30–16.30
  • Sabtu jam 9.00–17.00
  • Minggu : jam 6.00–14.00

Mudah-mudahan suatu hari rejeki cukup jadi bisa rekrut 1 CS lagi supaya bisa 6 pagi –21 malam lagi tiap hari, Aamiin. 🙏🙏🙏 Menjadi tempat servis yang paling pagi buka se-Indonesia Barat 😋 👍

2. Disiplin Pencatatan Uang

Jangan senang dulu klo omset besar, itu tipuan, seriously. Ketika kami mulai merapikan pencatatan keuangan baik penjualan maupun pengeluaran, termasuk pengeluaran sekecil apapun, saat itulah saya tersadar, “pengeluarannya gede juga ya :v”. Pengeluaran yang besar itulah salah satu yang memicu dan memacu kami untuk terus memperbaiki bisnis.

Saat ini kami menggunakan Aplikasi BOS Servis untuk memudahkan mencatat dan memantau keuangan usaha, cek https://urgent.id/boss .

"Pencatatan keuangan yang baik adalah awal dari kemajuan sebuah usaha."

3. Disiplin Promosi

Bisnis gak ada kalau gak ada pembeli, gak terjadi penjualan. Untuk mendatangkan pembeli dibutuhkan yang namanya promosi. Dan promosi ini tidak mudah diprediksi. Hari ini banyak promosi belum tentu hari ini juga banyak datang. Jumlah uang yang dikeluarkan untuk promosi juga belum tentu sebanding dengan hasil yang didapat. Untuk itu ini pentingnya memilih promosi mana yang paling efisien dan setelah itu harus disiplin setiap hari promosi tsb dijalankan. Bisa jadi konsumen saat menemukan iklan kita saat belum butuh tapi mengingatnya, baru setelah beberapa minggu/bulan ternyata datang.

"Jadi tetaplah disiplin promosi setiap hari karena kita tidak tahu kapan konsumen yang menemukan iklan kita akan datang membeli"

4. Disiplin Kualitas Pelayanan

Setelah membuat konsumen datang dengan promosi, jangan pernah sia-siakan konsumen yang sudah capek-capek jauh datang. Berusahalah disiplin untuk melayani konsumen dengan baik meskipun mood lagi jelek atau lagi datang bulan atau lagi galau gebetan dah nikah atau apapun. Jangan sia-siakan hasil promosi yang membuat konsumen itu datang. Saya juga selalu ingatkan pada teknisi, jangan pernah marahi konsumen karena mereka datang itu butuh informasi, butuh pertolongan, bukan butuh dicuekin apalagi dimarahi ☺.

"Jangan sia-siakan hasil promosi yang membuat konsumen itu datang. Konsumen butuh pertolongan, bukan butuh dicuekin apalagi dimarahi !"

5. Disiplin Berdoa

Mau gimana-gimana juga yang membuat konsumen datang itu Alloh, yang memudahkan jasa servis kita selesai itu Alloh. 1 teknisi dikasih sakit, meskipun cuma bisul sebiji, atau sariawan seupil juga udah pusing konsumen gak tertolong. 1 mesin buat servis tiba-tiba rusak pun udah terganggu pekerjaan. Penting untuk setiap hari disiplin “menunaikan kewajiban” kita kepada Alloh (sholat) sebelum “meminta hak” (berdoa) kepada-Nya memohon dibukakan Pintu-Pintu Rahmat-Nya hari ini, dimudahkan segala pekerjaan dan urusan hari ini. 🙏

"1 karyawan/teknisi dikasih sakit, meskipun cuma bisul sebiji, atau sariawan seupil juga udah pusing konsumen gak tertolong."
Penting untuk setiap hari disiplin “menunaikan kewajiban” kita kepada Alloh (sholat) sebelum “meminta hak” (berdoa) kepada-Nya memohon dibukakan Pintu-Pintu Rahmat-Nya hari ini, dimudahkan segala pekerjaan dan urusan hari ini. 🙏

Semoga bermanfaat 👍

Baca Inspirasi Bisnis Lainnya dari Indra Gunawan

Baca Inspirasi Lainnya dari Indra Gunawan